Senin, 23 Juli 2012

Psikologi Pemilihan Karier (2)

       Individu-individu dalam satu pekerjaan memiliki kepribadian yang serupa dan kesamaan sejarah perkembangan pribadinya. Penelitian dari Laurent's mengungkapkan bahwa seorang insinyur, ahli fisika, dan pengacara membuktikan kebenaran kesamaan sejarah kehidupan individu-individu dalam jabatan masing-masing.

      Karena orang dalam suatu kelompok pekerjaan (rumpun pekerjaan) memiliki kepribadian yang serupa, maka mereka akan menanggapi terhadap berbagai situasi dan masalah dengan cara yang serupa, dan mereka akan membentuk lingkungan hubungan antar pribadi yang khas.

      Kepuasan, kemantapan dan hasil kerja tergantung atas kongruensi antara kepribadian seseorang dan lingkungan (yang sebagian besar terdiri dari orang-orang lain) dimana seseorang itu bekerja. Kita merasa lebih tentram  berada di antara teman-teman yang mempunyai cita-cita, bakat, dan nilai-nilai yang serupa dengan cita-cita, bakat, dan nilai-nilai kita sendiri, demikian pula kita akan dapat berkarya lebih baik pada suatu pekerjaan dimana kita secara psikologis merasa cocok di dalamnya.

      Secara ringkas, teori ini mengandung beberapa gagasan yang sederhana dan uraiannya yang lebih kompleks. Pertama, kita menganggap bahwa kita menandai orang dari kesamaan mereka dengan salah satu atau beberapa tipe kepribadian. Kedua, kita menganggap bahwa lingkungan dimana orang itu hidup dapat ditandai dari kesamaan mereka dengan salah satu atau beberapa model lingkungan. Ketiga, kita menganggap bahwa pasangan antara pribadi dan lingkungan mengacu pada hasil-hasil tertentu yang dapat kita ramalkan dan pahami dari pengetahuan kita tentang tipe kepribadian dan model-model lingkungan. Hasil-hasil termasuk pemilihan jabatan, stabilitas dan hasil kerja, stabilitas pribadi, performansi kreatif dan kelemahan terhadap pengaruh.    

      Membandingkan sifat-sifat seseorang dengan sifat-sifat tiap tipe model, kita dapat menentukan dia yang mirip sekali dengan tipe yang mana. Model tersebut kemudian menjadi "tipe kepribadiannya". Terdapat enam jenis lingkungan: Realistik, Intelektual, Sosial, Konvensional, Enterprising (usaha), dan Artistik.

      Orang mencari lingkungan dan jabatan yang akan memungkinkan mereka melaksanakan kemampuan dan keterampilannya, menyatakan sikap dan nilai mereka, mengambil peranan dan masalah yang dapat disetujui, dan menghindari peranan dan persoalan yang tidak mereka setujui. Contohnya, tipe realistik mencari lingkungan realistik, tipe intelektual mencari lingkungan intelektual, dan seterusnya. Sedikit banyak, lingkungan juga mencari orang-orang melalui pelaksanaan penerimaan tenaga-tenaga baru. Orang-orang yang mencari lingkungan juga dilakukan dengan berbagai cara. Pada tingkat kesadaran tertentu dan dalam jangka waktu yang panjang. Tipe-tipe kepribadian merupakan contoh beberapa cara yang bersifat  umum dimana seseorang mengembangkan kebudayaan kita. Mereka juga menggambarkan bagaimana mengembangkan pribadi seseorang, menyalurkan tujuan seseorang, pemilihan jabatan, mobilitas, dan hasil kerja.

      Cukup sekian sedikit uraian tentang teori dalam psikologi pemilihan karier. Semoga bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar